Jumat, 07 September 2012

Pelantikan Panwaslu Kecamatan

Persiapan pelantikan Panwaslu kecamatan se-Kab. Gowa
di Baruga Karaeng Galesong, Kamis, 6 September 2012.
Foto: Mursal

Setelah mengikuti rangkaian seleksi sejak 8 Agustus hingga 30 Agustus 2012, Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Provinsi Sulsel tingkat kecamatan se-kabupaten Gowa dilantik oleh Ketua Panwas Kab Gowa Tasrif.

Sebanyak 54 orang dari 140 pendaftar yang dilantik dan diambil sumpahnya di Baruga Karaeng Galesong yang terletak di lantai dua kompleks kantor Bupati Gowa, di Sungguminasa.

Anggota panwas kecamatan terpilih merupakan orang baru (85%), selebihnya  merupakan anggota panwas pada pilkada Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kab. Gowa 2010 lalu.

Pelantikan dihadiri Bupati Gowa Ichsan Yasin Limpo, Ketua DPRD Ansar Usman, Sekab Gowa Yusuf Sommeng, anggota  Panwas Provinsi Sulsel Nursetiawati Mappese’leng, seluruh komisioner panwas Kabupaten Gowa, dan pejabat di lingkup kabupaten Gowa.

Ketika memberi sambutan Nursetiawati menyampaikan agar panwas kecamatan  bekerja secara akurat, bukan hanya berdasarkan isu dan informasi saja. Selain itu untuk mengimbangi jumlah anggota yang minim maka diharapkan berkerja dengan tim independen dan pemantau. Ia juga mengapresiasi banyaknya anggota panwas kecamatan terpilih di Gowa dengan tingkat pendidikan sarjana. "Jumlah anggota Panwas perempuan yang terpilih di Gowa, juga tertinggi dari kabupaten lain di Sulsel" ungkapnya.

Bupati Gowa dalam sambutannya mengatakan “Pemkab Gowa terbuka untuk berkoordinasi dalam rangka mempertajam  pengawasan di Pilgub  2013.” Koordinasi itu tentu saja tetap harus menjaga netralitas Panwas, tambah mantan Anggota DPRD Sulsel ini.

Setelah pelantikan Panwas kecamatan masing-masing memilih ketua dan membagi tiga kelompok kerja ke dalam tiga devisi, masing-masing devisi umum, pengawasan, dan tindak lanjut. 
Dari tiga komisioner Panwaslu Bontonompo yang dilantik masing-masing Darmawan, Mappatompo, dan Abd. Samad,  mereka sepakati Darmawan menjadi ketua Panwaslu kecamatan Bontonompo (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar